Cara membuat bunga dari sedotan

 Selain mampu mempercantik ruangan, bunga-bunga yang anti layu ini juga membantu menjaga lingkungan. Dengan membuat bunga plastik, kamu tidak perlu memetik bunga asli. Selain itu, dengan ini kamu juga bisa memanfaatkan limbah-limbah plastik yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang lebih berdaya guna,
Salah satu jenis plastik bekas yang bisa kamu manfaatkan menjadi bunga-bunga yang rupawan adalah sedotan yang sudah tidak terpakai. Cara membuatnya juga gampang dan bisa dibuat dalam waktu singkat. Kalau kamu penasaran bagaimana cara membuatnya, di sini kita akan memberi tahu kamu cara membuat bunga plastik dari sedotan.

Alat dan Bahan

cara-membuat-bunga-dari-sedotan-2
  • 2 Sedotan bekas (sebenarnya boleh juga sedotan baru)
  • Benang
  • Jarum
  • Gunting
  • Lem

Langkah demi Langkah

Kamu tidak akan kesulitan mendapatkan berbagai bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat bunga dari sedotan, bukan? Kalau sudah lengkap, saatnya mengikuti langkah-langkah ini untuk mendapatkan bunga yang cantik dari sedotan yang sudah tidak terpakai.

1. Cuci dan Keringkan Sedotan Bekas

Karena kamu mau membuat bunga dari sedotan bekas untuk mengurangi limbah plastik, kamu harus mencuci sedotanmu sebelum diolah lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mendiamkannya agak lama agar mengering.

2. Gunting Sedotan Menjadi empat Bagian

Guntinglah satu sedotan menjadi empat bagian yang sama panjang. Pertama, bagi sedotanmu menjadi dua bagian. Lalu bagi lagi tiap bagiannya menjadi dua. Lakukan hal yang sama pada sedotan yang satu lagi. Kalau kamu melakukannya dengan benar, kamu harusnya punya delapan potong sedotan berukuran kecil yang sama panjang.

3. Satukan Bagian-bagian Sedotan secara Sejajar

cara-membuat-bunga-dari-sedotan-3
Saatnya menunjukkan bakat menjahitmu! Satukan delapan potong bagian sedotan tersebut secara sejajar dengan bantuan benang dan jarum. Caranya, masukkan benang dalam jarum, kemudian ikat kencang dan tebal di bagian ujungnya. Masukkan jarum ke tengah bagian sedotan. Lakukan terus hingga delapan bagian sedotan yang kamu punya menyatu dalam rangkaian benang.

4. Kencangkan Rangkaian hingga Berbentuk Bunga

cara-membuat-bunga-dari-sedotan-4
Untuk membuat rangkaian sedotan tersebut menjadi bunga yang manis, kencangkan rangkaian hingga tiap bagian sedotan tertekuk dan secara otomatis menjadi bentuk lingkaran yang terbagi. Kalau bentuknya sudah seperti itu, jangan lupa membuat simpul mati di bagian benang yang lain agar bentuk bunga sedotanmu tidak mudah hancur.

5. Gunting Diagonal di Bagian Ujung Tiap Sedotan

Supaya bentuk bunga plastikmu lebih indah, tambahkan sedikit aksen di bagian ujungnya. Kamu cuma perlu menggunting ujung tiap bagian sedotan dengan sudut miring atau semacam diagonal. Kalau tiap ujung sudah kamu gunting, kini bunga sedotanmu sudah siap dan bisa kamu susun menjadi berbagai hiasan yang menarik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat lampu hias dari batok kelapa

Cara membuat lampu belajar dari batok kelapa

cara membuat hiasan dinding dari kancing baju